Share And Discussion Forum
Trimakasih . . . ! Selamat Datang Dan Selamat Bergabung !!


Keep Smile and Thinking
 
IndeksIndeks  FacebookFacebook  IdbiezIdbiez  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  Login  
Share | 
 

 "Contoh Topik" Dakwah Agama Islam tentang Syrik besar dan kecil

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
813'Z
Admin


Jumlah posting: 52
Join date: 14.11.09
Age: 24
Lokasi: Malang

PostSubyek: "Contoh Topik" Dakwah Agama Islam tentang Syrik besar dan kecil   Sun Nov 15, 2009 8:30 am

Sesunguh nya Allah SWT tidak akan mengampuni hambanya yang tidak menaati perintah NYA.

Syrik Besar adalah Kegiatan manusia yang tidak akan mendapat ampunan oleh Allah SWT karena telah menyekutukanya (dosa besar). seperti menyembah selain Allah

Syrik kecil adalah Kegiatan manusia yang mendapat dosa besar karena telah berbuat seperti apa yang saya tulis sebagai berikut; Santet. Percaya ramalan, Sesajen, dll
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://idbiez.forumotion.net
anna muslimah



Jumlah posting: 4
Join date: 15.11.09
Age: 24
Lokasi: bumi Illahi :D

PostSubyek: "...Grandma Vs my Father..."   Thu Nov 19, 2009 3:37 am

Berbicara tentang syirik..
beberapa kejadian dlm kehidupan saya.. saya coba untk berbagi dg para sahabat disini...

Masih sekitar pukul 3.30 sore hari.. waktu ashar matahari masih bertahan walau dia sudah lelah.. sinar tidak begitu cerah sore ini,, adzan ashar sudah berkumandang 20 menit yg lalu.. "Nduk nduk.. cepet2 sholat ashar... tutup buku, matiin tv!!!!" celetuk ayah sambil menyita remote tv di meja.. "Ooo... ok bos!!" jwbku ringan.. biasa seperti itulah jika ada ayah & aku telat sholat, ayah sllu bersikap agak geram.. tahukah sahabat " Malaikat-malaikat mendatangimu secara bergiliran siang & malam. Mereka bertemu saat shalat Fajar & shalat Ashar.Kemudian mereka yg tinggal bersamamu pada saat malam berlalu dan ditanyai oleh Dia yg lebih mengetahui dari mereka : "Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku?" mereka berkata : "Kami meninggalkan mereka ketika mereka sholat dan kami mendatangi mereka ketika mereka sdg sholat!" (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari,Al-Fath 2/23)
"Sesungguhnya yg diperhitungkan pertama kali pada seseorang hamba dihari kiamat adalah sholat fardu" (Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a)
So that's why... sholat itu penting& harus dilaksanakan "salah satu ibadah manusia yg Allah cintai adlh sholat tepat pada waktunya"
lho lho lho.... malah kebablasan ngomongin ttg sholat... qt kembali keacara inti,, heheh Very Happy

Akhirnya selesai juga menunaikan kewajiban saya...iseng2 aku menyeret kaki ke dapur.. lokasi dapur terpisah dg rumah utama... karena mereka masih mempertahankan bentuk asli rumah yg memang boleh dikatakan kuno/jadul untk jaman sekarang.. tp saya justru menyukainya.. saat itu kami memang sedang berada di daerah kec.Srengat 'daerah perbatasan antara Kediri&Blitar' dirumah nenek saya tepatnya... karena ada acara hajatan 1000 hari meninggalnya kakek.... Ayah saya pernah berkata sebenarnya dlm islam tdk ada ajaran untk hajatan/tahlilan memperingati 100, 1000, 3000, 4000, atw entahlah sampai berapa banyak itu jumlah hari... qt anggap saja ini sebagai sedekah makanan... karena untk menghormati para orang tua yg keyakinannya sudah sulit untuk dirubah.. seperti percaya pada primbon, perhitungan jawa, dsb itu.... kakiku sudah sampai di pintu dapur.. "oalah.. nduk ko' lekasan mangkat neng kene to...??? ayo rewangi seng gampang2..!!!nah iki.." untung bude cuma nyuruh ngupasi kulit pisang... di pojok dapur aku lihat nenek sedang menyiapkan hal yg terlihat misterius... semua orangpun seperti enggan mengganggu belliau.. terlihat satu nampan bebentuk bulat dlam ukuran diameter yg sgt besar berisikan bunga2 sprti mawar, kamboja, melati, kenanga, boleh dibilang bunga yg biasa qt bawa jika ke pemakaman.. hiiiiii jadi serem,,,, ditengah2 nasi tumpeng kuning lengkap dg isinya ayam goreng bumbu kecap, smbal goreng kentang,lauk2 yg lain, ternyata ada juga sayur kacang kesukaan almarhum kakek.. terlihat maknyusss tp ko' ngeri juga... ditemani kopi, air putih & teh.. trus ada juga buah2'an kesukaan almarhum kakek... semua tersusun rapi dlm nampan, satu botol kecil air & entahlah semacam dupa atau apa nama benda itu & bau wangi asapnya sgt menyengat.. saya tidak begitu mengerti & aduhhh aku tdk tahan dg bau asap yg sllu mmbwtq pusing.. akhirnya saya menyerah aku sleseikan dg cepat pisang2 yg harus dikupas... akhirnya aku keluar juga dari dapur.. udara bebas... Ibuku memergoki aku sedang duduk santai diserambi samping rumah.. "lho2 ko' duduk2 santai disini nyonya kecil iki... sana bantuin lek arum nyiapin undangan sekalian disebarin ke tetangga..!!! nah ini ni.. baru pekerjaan yg menyenangkan.. keliling2.. hghghg Very Happy "iya2 ... " jawabq... dg semangat aku bergegas melaksanakan tugas.. hihi Smile

Sudah maghrib rupanya g' terasa cepet bgt... menunggu isya' krna hajatan akan digelar setelah wktu sholat isya'.... di ruang tengah gelak tawa membahana suara pakde sampe' ke halaman rumah.. aku harus cari tau ada apakah gerangan disana.... ternyata... semua orang sedang menertawai ayahku... heheh.. akupun juga ikut2an dech... saat aku bertanya "ada apa rin,, pada Rina keponakanq yg masih duduk di bangku kls 5 sd saat itu,, dia menjawab dg polosnya "Ayah sampeyan mbak' masak minum kopi &teh punya'nya mbah... makan apel juga????? itukan katanya mbah uti sajen jadi g' boleh dimakan siapapun" "HAH..!!!!" waduh ayahku merusak suasana.... sedangkan waktu itu nenekku masih belum tau.. trep trep trep.. langkah kaki nenek terdengar kami semua pun terdiam... pura2 nonton tv... beliau menuju kamar mengeluarkan nampan besar yg tadi aku lihat didapur... kemudian diletakkan diatas meja...dekat tv... "mbah uti klo acaranya sudah slesei itu ayamnya tak maem ya mbah... pasti boleh sama mbahkung ?? tanya adekku yg masih kecil saat itu.. hehe ad2 aj si kecil ini.. "iy2 boleh..." jawab nenekku singkat.. kemudian beliau menuju sajen ukuran kecil yg td beliau taruh diruangan tengah.. tersentak beliaupun kaget... "ealah alah... sapa seng ngombe kopi lan teh iki.. lho lho apel'e nang ngendi... ????" semua orangpun g' ada yg bisa jawab... tiba2 dg gaya santainya ayahku menjawab... "Niku to uti.. niko wau akung dugi trus sanjang ten kula.. "le. aku tak ngombe kopi karo teh disik yo le.. sebab'e suwe aku g' nemu wedang iki ndik omahku sing anyar... o.. apel,aku tak nggowo apel pisan yo le".... ngoten lho mbah. ( itu ta uti tadi mbah kakung dtg trus bilang ke saya.. nak.... aku tak minum kopi&teh dulu ya,,, sebab lama g' ketemu dg minuman2 ini dirumahku yg baru.. o.. apel.. aku bawa apel juga ya nak.. begitu critanya mbah...) aku pun rasanya pengen ketawa tp g' bisa.. ayah ad2 saja jawabnya... g' mungkinkan orang yg telah meninggal balik lagi cuma mw minum kopi&teh.. sempet2nya bawa apel juga... hehehe.. that was curious thing.. " jgn alasan... qm minum ya??nenekkupun bertanya balik ke ayah dg ringan.. "hehehe inggih2 uti.. ngapunten kula mboten ngertos...??" jwb ayah sambil sedikit menahan rasa malu.. "yowess. ora apa2.. kapan2 ojo di ombe2 maneh lho le..!!!" nenek ku mendakwahi ayah sambil mengganti sajennya dg yg baru... hghgh ayah ad2 aj... sajen ko' diminum... Laughing

Selain itu juga ada lagi usaha ayah.. nenek punya buku yg bernama "primbon jawa"saya pernah disuruh baca sama nenek tapi tottaly I dunt know anything.. g' ngerti blassssssss... bahasanya ampunn..ruwetnya.. entah bahasa jawa model apa itu, Question Question klo bwt aq seperti dialog2 jawa dlm pagelaran wayang.... hehe... Exclamation waktu itu nenekkupun memutuskan untk tinggal bersama kami sekeluarga karena dirumah desa sepi.. nah saat kepindahan itulah ayah menyembunyikan buku primbon jawa itu dilangit2 rumah.. kemudian lama2 nenek teringat akan buku primbon beliau "nang endi buku ku..?!" gumamnya,, buku apa uti? tanyaku.. primbon2 jawab beliau sambil mengambil kacamata & mulai untk mencari.. "saya bantu ya uti..?? walaupun aku tahu tidak akan bisa kami menemukannya karena buku itu mungkin kini sudah dimakan tikus diatas langit2 rumah didesa sana.. maafkan ayah ya uti..karena ayah hanya tidak ingin uti terus2'an percaya pada hal2 diluar al-qur'an & hadist.. karena tidak mungkin bagi ayah untk mendakwahi nenek secara langsung.... dilain hal ayah juga sudah meminta ijin pada ibu untuk sengaja meninggalkan buku itu.. kemudian ayahpun dtg & bilang "g' apa2lah uti klo bukunya hilang percaya saja pada Allah.. !!" nenekpun berhenti mencarinya mungkin karena lelah hampir 3 jam beliau mencari buku itu diseisi rumah & aku yg kebagian untk merapikannya kembali.. heh kebayang dech capek.. pale "iya ya.. yawess tak ikhlas kan dulu tp suatu saat nanti klo g' capek lagi,aq tak nyoba nyari..." gumam nenekku,,, hemmm ternyata masih mau nyari lagi... memang susah klo ingin merubah fikiran orang tua.. Crying or Very sad " qt sebagai generasi penerus harus bisa menjadi lebih baik apa yg buruk biarlah hanya dimasa yg lalu terjadi & yg baik qt teruskan di masa sekarang & yg akan dtg"

sahabat syirik kecil bisa menjadi besar menurut apa yg ada pada hati pelakunya,, banyak hal yg bisa mendatangkan syirik pada qt selain apa yg telah dilakukan nenek saya diatas contohnya.. hehehe misalnya:
1. memakai gelang dsb untk keselamatan
2. menggantung tamimah pd anak2 sprti tulisan2/tulang untk menjaga diri
3. Tahayyur,menganggap sial sesuatu seperti angka 13, seseorang yg mmbwa sial,
4. Tabarruk, meminta berkah pada pohon, pekuburan dsb
5. Sihir dg bantuan syetan & jin dan banyak lagi.. menyandarkan/mempercayakan keamanan pada pak sopir, nahkoda& pilot.. ini hal sepele yg termasuk syirik qt sudah menduakan Allah dg pak sopir, pak nahkoda & pak pilot bukan???.... bukankah hanya pada Allah qt hrus berpasrah diri.. & Allah-lah yg bisa menjamin keamanan qt.. pak sopir dkk hanya bisa mengikhtiarkan keamanan itu...
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa selain dari (syirik) itu.Bagi siapa yg dikehendaki-Nya.Barang siapa yg mempersekutukan Allah, maka sungguh dia telah berbuat yg dosa besar." (Qs. An-Nisaa' 48)
dan ingatlah pintu maaf Allah sllu terbuka lebar bagi siapapun,Kasih sayang Allah itu melebihi Murka-Nya, Wink
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 

"Contoh Topik" Dakwah Agama Islam tentang Syrik besar dan kecil

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

 Similar topics

-
» Liberalisasi Islam Oleh Islam Liberal
» Bagaimana Cara mendaftar dan Menjawab Pertanyaan/Topik
» eBook Islam
» Contoh Skenario Film Pendek
» Tugas Contoh Analisa Sistem

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Share And Discussion Forum ::  :: -